Dibukanya Bursa Transfer Liga Inggris

Memasuki akhir tahun, salah satu hal yang paling banyak dinanti oleh para penggemar sepakbola adalah dibukanya bursa transfer Liga Inggris. Salah satu liga yang paling banyak menarik perhatian dalam bursa transfernya adalah Inggris. Karena sistem transfer Liga Inggris dianggap memiliki banyak serba-serbi menarik yang bisa orang tersebut bahas secara terus menerus.

Banyak hal yang dianggap menarik oleh para pecinta sepakbola terkait hal-hal dalam sistem transer Liga Inggris. Salah satunya adalah waktu pelaksanaannya yang dianggap selalu konsisten diadakan pada waktu yang sama setiap tahunnya. Selain itu ada banyak sekali hal-hal menarik lainnya yang bisa dibahas seperti di bawah ini.

Waktu Pelaksanaannya

Pertama adalah waktu pelaksanaan dari sistem transfer Liga Inggris ini yang selalu konsisten diadakan setiap tahunnya. Ada dua pengelompokan waktu dari sistem jendela transfer ini. Waktu pertama yaitu saat musim panas atau dikenal dengan transfer musim panas yang diadakan pada 7 Juni dan selesai pada hari kamis jam 17.00 waktu setempat sebelum musim baru dimulai.

Selanjutnya adalah winter transfer atau transfer musim dingin yang biasanya diadakan pada awal bulan Januari tepatnya tanggal 1. Transfer ini akan memakan waktu sebulan, di mana waktu selesainya tepat di akhir bulan Januari. Karena konsekuensi pelaksanaan inilah banyak orang yang senang dengan sistem transfer liga yang satu ini.

Penentu Waktu Pelaksanaannya

Kemudian adalah siapa yang membuka waktu pelaksanaan sekaligus siapa yang bertanggung jawab terkait pelaksanaan sistem transfer Liga Inggris ini? Untuk pembuka dan penutupnya sendiri sistem transfer ini tentu diatur oleh federasi sepakbola tertinggi yakni FIFA. Di mana FIFA juga berhak menjalankan aturannya dan memberikan sanksi kepada yang melanggar.

See also  Sejarah Awal Bursa Transfer Liga Inggris

Karena sudah memiliki waktu pelaksanaan yang jelas jadi para partisipan tidak boleh melanggar waktu pembukaan tersebut. Selain itu juga dalam pelaksanaannya seperti musim panas, FIFA dan pihak English Premiere Leauge sepakat bahwa saat itu transfer hanya boleh melakukan pembelian di sekitar klub EPL saja. Meski demikian, untuk jual beli pemain masih dibebaskan.

Pertama Kali Ada Jendela Transfer

Tentu semuanya bertanya-tanya kapan sistem transfer seperti ini pertama kali diadakan? Dilansir dari situs resmi English Premiere League sistem transfer ini pertama kali ada dan diperkenalkan secara resmi ke publik pada musim 2002/2003. Sebelum itu sistem transfer belum ditetapkan secara resmi peraturannya.

Sebelum dimulainya sistem transfer tersebut secara resmi pada musim itu, transaksi antar klub tetap ada dan dilaksanakan. Tapi, sistem transfernya saat itu belum jelas dan bisa membuat klub-klub yang ada bersitegang. Karena hal tersebutlah pihak liga memutuskan untuk membuat sistem transfer ini menjadi lebih resmi dengan peraturan yang tertulis sehingga tidak terjadi kisruh.

Proses Pembeliannya

Yang selanjutnya adalah bagaimana proses pembelian tersebut dilakukan. Dalam proses inilah biasanya banyak drama yang terjadi terutama saat proses pengincaran pemain yang diinginkan. Proses pembelian dalam sistem ini terbilang sederhana, di mana proses pertamanya klub mengincar pemain yang dirasa dibutuhkan dalam tim.

Klub berhak melakukan tawaran meskipun saat itu pemain tidak dalam status ingin dijual. Hanya saja harga yang dikeluarkan jauh lebih tinggi. Lalu setelah melakukan penawaran maka hal selanjutnya dapat dilakukan apabila proses penawaran telah disetujui, yakni pembayaran. Terakhir setelah pembayaran selesai dikakukan, maka klub bisa membuat kontrak perjanjian dengan pemain terkait.

Jenis Transaksi dalam Transfer Liga Inggris

Jenis transaksi pertama yakni pembelian atau istilahnya transfer pemain, di mana ada proses transaksi jual beli untuk merekrut pemain tersebut ke dalam tim. Kemudian, jenis transaksi yang dinamakan peminjaman pemain yang biasanya diberi waktu peminjaman.

See also  Sejarah Transfer Liga Inggris Sistem Retrain And Transfer Hingga Istilah Jendela Transfer

Ini seperti klub yang memiliki pemain tersebut membolehkan pemainnya untuk dipinjam terlebih dahulu, di mana ada batas waktu dan kisaran Adana yang diberikan oleh klub yang mempunyainya. Peminjaman ini biasanya dilakukan saat klub yang hendak membeli pemain tersebut masih merasa ragu. Karenanya klub tersebut lebih memilih untuk meminjam dahulu sebelum mengontraknya secara resmi.

Apa Saja yang Boleh Dibeli

Saat bursa transfer dibuka siapa saja atau apa saja bagian dari klub yang bisa dibeli. Pertama tentu saja pemain dapat ditaruh sebagai ‘barang’ transaksi di sini. Di mana tidak ada batasan pemain pada posisi apa yang boleh dijadikan incaran ataupun dijual. Dimulai dari kiper sampai striker, pemain utama sampai pemain cadangan semuanya diperbolehkan sesuai dengan kebijakan klubnya.

Selain pemain, pelatih pun menjadi komoditi dalam bursa transfer ini. Bedanya, untuk pelatih ini boleh dilakukan pembelian mendesak di luar bursa transfer, di mana hal tersebut biasanya dikarenakan karena ada hal yang terjadi di luar dugaan. Hal tersebut seperti pelatih yang dipecat di tengah jalan, pelatih yang tiba-tiba mengundurkan diri, dan hal lainnya terkait kebijakan penggantian pelatih dari internal klub.

Jumlah Maksimum dan Minimum Pembelian

Selanjutnya adalah jumlah minimum serta maksimum pembelian yang diperbolehkan dalam sistem transfer Liga Inggris. Untuk jumlah pembelian minimum dilansir dari website resmi EPL tidak ada jumlah tertentu yang diatur. Bahkan klub diperbolehkan tidak melakukan pembelian atau transaksi selama jendela transfer tengah berlangsung.

Sementara itu untuk jumlah maksimum yang diperbolehkan, kembali lagi tidak ada jumlah maksimum pembelian yang benar-benar diatur secara resmi. Hanya saja FIFA menulis peraturan tidak resminya terkait jumlah masksimum nominal atau pembelian pemain yang harus disesuaikan dengan kondisi keuangan klub agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

See also  10 Transfer Liga Premier Termahal di thn 2022/2023

Hal yang Boleh Dilakukan Saat Jendela Transfer

Selanjutnya adalah hal yang boleh dilakukan saat jendela transfer mulai dibuka secara resmi salah satunya adalah menawar pemain yang diincar dengan habis-habisan. Klub berhak untuk melobi langsung pemain yang diincarnya ke klub pemain tersebut, ke agen dari pemain tersebut, atau bahkan menawar langsung ke pemain yang menjadi incarannya.

Masih terkait penawaran, klub masih boleh menawar pemain incarannya meskipun sudah ada klub lain yang sudah menawarnya. Hal ini hanya bergantung pada keberuntungan dari klub serta seberapa bagus penawaran yang ditawarkan oleh klub tersebut. Satu yang penting pemain tersebut belum meneken kontrak baru dengan tim lain.

Hal yang Dilarang saat Melakukan Transaksi di Jendela Transfer

Terakhir adalah hal yang dilarang saat melakukan transaksi di jendela transfer di mana pertama pemain tidak boleh menawarkan dirinya ke tim lain sebelum mendapatkan persetujuan dari klub lamanya. Hal ini juga terkait kontrak dari pemain tersebut dengan klub lamanya apabila belum berakhir, maka tidak boleh diputuskan secara sepihak kecuali memang ada hal lain.

Selain itu, tidak boleh melakukan transaksi di luar jendela transfer di mana tidak boleh adanya proses jual beli antar pemain sebelum waktu transfer dibuka. Selain itu sifat transfer ini harus bersifat terbuka, dan tidak merugikan salah satu pihak. Karenanya semua peserta wajib untuk mengikuti peraturan yang ada terkait sistem transfer ini.

Itulah tadi beberapa pembahasan terkait sistem transfer liga Inggris yang paling banyak ditunggu oleh penggemar sepak bola. Selain itu sistem transfer ini juga menjadi pelengkap dalam pelaksanaan liga Inggris yang semakin seru saja setiap musimnya. Setelah membaca hal-hal di atas jadi lebih tau kan bagaiman sistem transfer dalam liga Inggris ini berlangsung.

Add a Comment

Your email address will not be published.