Sejarah Aston Villa FC, Salah Satu Tim Yang Tertua

Sejarah Aston Villa FC, Salah Satu Tim Yang Tertua. Aston Villa Didirikan pada tahun 1874 oleh anggota Kapel Wesley Villa Cross di Handsworth yang sekarang menjadi bagian dari Birmingham. Setelah pindah ke lapangan Wellington Road pada tahun 1876, Aston Villa segera membuktikan diri sebagai salah satu tim terbaik di Midlands dengan memenangkan gelar kehormatan pertama yaitu Piala Senior Birmingham pada tahun 1880. Aston Villa juga dikenal sebagai Villa, The Villa, The Villans dan The Lions. Aston Villa adalah klub sepak bola profesional yang berstadion di Villa Park tepatnya berada di Birmingham Inggris. Aston Vila bermain di Liga Utama Inggris dan merupakan salah satu klub pendiri Football League pada tahun 1888 serta Liga Utama Inggris pada tahun 1992. Aston Villa merupakan salah satu klub tertua dan tersukses Inggris.

Aston Villa adalah salah satu dari dua belas tim yang berkompetisi di Football League pertama pada tahun 1888. Aston Villa memenangkan Double Winners di tahun 1897, Aston Villa memilih stadion mereka saat ini di Aston Lower Grounds atau juga dikenal dengan Villa Park Stadium. Nama Villa Park dibuat oleh pendukung mereka meskipun tidak ada deklarasi resmi yang mencantumkan stadion ini sebagai Villa Park.

See also  Mengenal Leah Monroe Istri Dari Tammy Abraham

Aston Villa muncul sebagai klub Inggris paling sukses di era Victoria, dengan memenangkan lima gelar Liga Inggris dan tiga Piala FA pada akhir masa pemerintahan Ratu Victoria. Aston Vila merupakan salah satu dari lima klub Inggris yang mampu meraih trofi kompetisi tertinggi di Eropa. bersama dengan Chelsea, Liverpool, Nottingham Forrest, dan Manchester United.

Sejarah Aston Villa FC

Aston Villa berdiri tahun 1874 dan menggunakan stadion Villa Park dari tahun 1897 hingga sekarang. Aston Villa merupakan salah satu anggota pendiri Football League dan langsung mencapai kesuksesan. Aston Villa memenangkan lima gelar dalam waktu tujuh musim. Aston Villa mencapai kejayaannya pada masa-masa awal abad ke dua puluh dengan menjuarai enam kali Liga Inggris hingga tahun 1910. Kejayaan tersebut hanya dapat diulang lagi pada tahun 1980 sampai 1981, ditambah gelar Piala Champions pada tahun 1981 sampai 1982.

Masa paling sulit pernah dialami oleh Aston Villa saat mereka harus degradasi ke Divisi III pada tahun 1971. Pada tahun 1981 Ron Saunder menjadi manajer, Ron Sauder sukses membawa Aston Villa kembali gelar Juara Liga. Kemudian pada tahun 1982 Tony Barton menggantikan posisi Ron Sauder sebagai manajer. Tony Barton sukses membawa Aston Villa menjuarai Piala Champions UEFA dan pada tahun 1983 Tony Barton sukses membawa Aston Villa sebagai juara Piala Super Eropa.

See also  Sejarah Manchester United FC, Awal Berdiri Hingga 2013

Pada tahun 1987 Aston Villa kembali terdegradasi namun dengan cepat kembali lagi ke level teratas. Di tahun 1993 Ron Atkinson menggantikan posisi Tony Barton sebagai manajer. Ron Atkinson berhasil membawa Aston Villa menjadi runner-up Liga Inggris. Kemudian pada Tahun 1994 dan 1996 Ron Atkinson sukses membawa Aston Villa memenangkan Piala Liga.

Namun pada tahun 2006 Martin O Neill menggantikan posisi Ron Atkinson sebagai manajer. Aston Vila menjadi lebih kompetitif di Liga Primer. Kebijakan Martin O Neill lebih dikenal dengan menggunakan banyak pemain asli Inggris. Setelah dikalahkan Manchester United di Piala Liga pada tahun 2010 Martin O Neill mengundurkan diri pada Agustus 2010 dan digantikan oleh mantan pelatih Liverpool Gerard Houlier. Karena masalah kesehatan akhirnya Gerard Houlier mengundurkan diri digantikan oleh mantan pelatih Birmingham City yaitu Alex Mc Leish.

See also  Trofi Utama yang Pernah Dimenangkan Leeds United

Sejak tahun 2006 Aston Villa dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat yaitu Randy Lerner yang membeli sebagian besar saham milik Doug Ellis. Setelah membeli kepemilikan klub, Randy Lerner mengangkat dirinya sebagai presiden klub menggantikan Doug Ellis. Pada 14 Agustus 2006, Randy Lerner menawarkan join saham Aston Vila kepada Cleveland Browns pemilik klub National Football League. Cleveland Browns menyetujui join saham di Aston Villa. Cleveland Browns menanamkan saham sebesar 62,6 juta poundsterling. Randy Lerner mengangkat Cleveland Browns sebagai ketua klub. Kemudian Randy Lerner mengambil alih kekuasaan pada 18 September. Randy Lerner mempunyai 89.69% saham. Pada 19 September 2006 Doug Ellis mundur dari jabatan direktur dan digantikan oleh Randy Lerner. Randy Lerner menunjukan Charles Krulak sebagai direktur non-eksekutif dan Doug Ellis sebagai Ketua Emeritus. Pada Mei 2014, Randy Lerner menjual klub Aston Villa seharga kurang-lebih ¬£200 juta. Dan pada 18 Mei 2016 Randy Lerner menyetujui penjualan klub Aston Villa kepada Recon Group. Recon Group adalah pebisnis asal Tiongkok Xia Jiantong. Penjualan klub Aston Villa dilunasi pada 14 Juni 2016.

Add a Comment

Your email address will not be published.