Sejarah Manchester United FC, Awal Berdiri Hingga 2013

Sejarah Manchester United FC, Awal Berdiri Hingga 2013. Manchester United Football Club merupakan salah satu tim sepak bola profesional Inggris yang berdomisili di Old Trafford, Manchester Raya, yang tampil di Liga Utama Inggris. Dibentuk sebagai Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878, tim ini beralih nama menjadi Manchester United pada tahun 1902 & pindah ke Old Trafford pada tahun 1910.

Manchester United sudah memenangi banyak gelar juara jadwal siaran bola di sepak bola Inggris, termasuk catatan 20 title Liga Utama Inggris, 12 Piala FA, empat Piala Liga & catatan 21 FA Community Shield. Tim ini juga sudah memenangi 3 Piala Eropa, satu Piala UEFA, satu Piala Winners UEFA, satu Piala Super UEFA, satu Piala Interkontinental & satu Piala Dunia Antarklub FIFA. Pada tahun 1998-1999, tim memenangi treble winners dari Liga Utama Inggris, Piala FA & Liga Champions, pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi tim asal Inggris.

Bencana Udara Munchen 1958 merenggut nyawa delapan pemain. Pada tahun 1968, di bawah manajemen Matt Busby, Manchester United menjadi tim sepak bola prediksi asian bookie Inggris pertama yang memenangi Piala Eropa. sementara Alex Ferguson memenangi total 38 title utama, dari bulan November 1986 hingga Mei 2013, saat dia memberitahukan pensiun sesudah 26 tahun di tim. Rekan Scot David Moyes ditunjuk sebagai suksesornya pada tanggal 9 Mei 2013.

Manchester United merupakan tim sepak bola paling kaya ke-3 di dunia untuk musim 2011-2012 dalam hal penghasilan, dengan penghasilan tahunan senilai €395.9 juta, & kedua tim paling berharga pada tahun 2013, sebesar $3165 miliar. & pada bulan Januari 2015 silam, Manchester United dinobatkan menjadi tim paling kaya ke-2 di dunia, Ini merupakan salah satu klub sepak bola yang paling banyak didukung di dunia. Sesudah sahamnya tercatat di London Stock Exchange pada tahun 1991, tim tersebut dibeli oleh Malcolm Glazer pada Mei 2005 di kesepakatan senilai nyaris £800 juta. Pada bulan Agustus 2012, Manchester United melakukan tawaran umum pertama di Bursa Efek New York.

See also  Sejarah Crystal Palace Salah Satu Club Tertua Didunia

Sejarah Manchester United FC

Sejarah Awal Tahun 1878–1945

Klub kali pertama didirikan dengan nama Newton Heath Lancashire dan Yorkshire Railway F.C. pada tahun 1878 sebagai klub karya Lancashire & Yorkshire, stasiun kereta api di Newton Heath. Kaos klub dengan warna hijau-emas. Mereka tampil di suatu lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta api Piccadilly Manchester sepanjang 15 tahun, sebelum pindah ke Bank Street di kota dekat Clayton pada tahun 1893. Klub telah menginjak kompetisi top skor bola tahun sebelumnya & mulai memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api, menjadi perusahaan mandiri, menunjuk satu sekretaris perkumpulan & pengedropan “L&YR” dari nama mereka buat menjadi Newton Heath F.C saja.

Tidak lama kemudian, pada tahun 1902, klub hampir bangkrut, dengan utang lebih dari £2500. Lapangan Bank Street mereka sudah ditutup.

Pada Januari 1902, dengan utang £2670 -setara dengan £250000 per 2014- klub tersebut disajikan dengan urutan berliku, Sebelum klub mereka bubar, mereka menerima investasi dari J. H. Davies, direktur Manchester Breweries. Mulanya, satu legenda klub, Harry Stafford, yang menjadi kapten klub, memperlihatkan anjing St. Bernard nya, lantas Davies mengambil keputusan buat merekrut anjing tersebut. Stafford keberatan, namun berhasil mempengaruhi Davies buat menanamkan modal pada klub & menjadi chairman klub. Diadakan rapat buat mengganti nama perkumpulan. Manchester Central & Manchester Celtic merupakan nama yang diusulkan, sebelum Louis Rocca, satu imigran belia asal Italia, mengatakan “Tuan-tuan, kenapa kita tak memakai nama Manchester United?” Nama dibuat & Manchester United secara resmi tenar mulai 26 April 1902. Davies pun mengambil keputusan buat mengganti warna skuat & terpilihlah warna merah & putih sebagai warna klub Manchester United.

See also  Sejarah Menentang Brentford Saat Mereka Kembali ke Papan Atas

Ernest Mangnall diangkat sebagai sekretaris tim menggantikan James West yang mengundurkan diri pada tanggal 28 September 1902. Mangnall bekerja ekstra buat mengangkat klub ke Kasta Satu & gagal pada usaha debutnya, menduduki posisi lima Liga Kasta Kedua. Mangnall mengambil keputusan buat menambah beberapa pemain ke dalam tim & mendatangkan pemain layaknya Harry Moger, Dick Duckworth, & John Picken, ada juga Charlie Roberts yang memberi pengaruh besar. Dirinya direkrut £750 dari Grimsby Town pada April 1904, & membantu klub ke peringkat 3 klasmen akhir musim 1903-1904.

Mereka lantas promosi ke Kasta Satu sesudah finis diurutan dua Kasta Kedua musim 1905-1906. Musim pertama mereka di Kasta Satu berakhir kurang bagus, mereka menduduki posisi delapan klasmen. Pada akhirnya mereka memenangi title liga pertamanya pada tahun 1908. Manchester City tengah diselidiki mengingat menggaji pemain di atas regulasi yang dibuat FA. Mereka didenda £250 & delapan belas pemain mereka mendapat sanksi tidak bisa tampil buat mereka lagi. Manchester United dengan cepat mengambil peluang dari kondisi ini, mendatangkan Billy Meredith & Sandy Turnbull, & yang lain. Pemain baru ini tak boleh tampil dulu sebelum tahun Baru 1907, imbas skors dari FA. Mereka mulai tampil pada musim 1907–1908 & Manchester United menargetkan title kampiun waktu itu. Kemenangan 2–1 atas Sheffield United mengawali kemenangan beruntun sepuluh kali Manchester United. Akan tetapi pada akhirnya, mereka tutup musim dengan unggul 9 angka dari pesaing mereka, Aston Villa.

See also  Fakta-Fakta Menarik Terkait Istri Mohamed Salah

Tim memerlukan waktu dua tahun buat membawa gelar juara lagi, mereka memenangi trofi Liga Kasta Satu buat kedua kalinya pada musim 1910–1911. Manchester United pindah ke lapangan barunya Old Trafford. Mereka menjalani laga debutnya di Old Trafford pada tanggal 19 Februari 1910 kontra Liverpool, namun mereka menderita kekalahan dengan skor 4-3. Mereka gagal memperoleh trofi lagi pada musim 1911–1912, mereka tak didukung oleh Mangnall lagi mengingat dirinya pindah ke Manchester City sesudah 10 tahunnya di Manchester United. Sesudah itu, mereka 41 tahun tampil tanpa memenangi satu trofi pun.

Pada tahun 1922, 3 tahun sesudah pembukaan kembali sepak bola sesudah Perang Dunia Pertama, tim tersebut turun kasta ke Kasta II, di mana mereka tetap mendapatkan kembali promosi pada tahun 1925. Turun kasta lagi pada tahun 1931, Manchester United sebagai tim yo-yo, mencapai posisi terendah sepanjang sejarah klub dengan menempati posisi ke-20 di Kasta II pada tahun 1934. Sesudah kematian dermawan utama tim, J. H. Davies, pada bulan Oktober 1927, finansial tim memburuk hingga membuat Manchester United kemungkinan bakal bangkrut kalau bukan karena James W. Gibson, pada bulan Desember tahun 1931, yang menginvestasi £2000 & memegang kendali tim. Pada musim 1938-1939, tahun terakhir sepak bola sebelum Perang Dunia Ke-2, tim rampung di urutan 14 Kasta Pertama.