Sejarah Newcastle United FC, salah satu tim yang terlupakan

Sejarah Newcastle United FC, Salah Satu Tim Yang Terlupakan. Newcastle adalah tim sepak bola profesional Inggris yang bertempat di Newcastle Upon Tyne. Newcastle bermain di Liga Utama Inggris, kompetisi yang berada di tingkat teratas dalam sepak bola Inggris. Newcastle didirikan pada tahun 1892 sebagai hasil penggabungan Newcastle East End dan Newcastle West End. Newcastle mempunyai stadion yang bernama St James Park. Stadion tersebut dikembangkan menjadi stadion All-Seater pada pertengahan 1990 dan memiliki kapasitas 52.354 untuk penonton.

Newcastle telah menjadi peserta Liga Utama Inggris untuk semua musim kecuali dalam tiga tahun sejarah kompetisi, dengan menghabiskan 85 musim di tingkat teratas pada Mei 2016 dan tidak pernah turun di bawah tingkat kedua di sepak bola Inggris sejak bergabung dengan Football Liga pada tahun 1893. Tim ini telah memenangkan empat gelar Kejuaraan Liga, enam Piala FA, satu Community Shield, satu Inter Cities Fairs Cup 1969, dan Piala Intertoto UEFA 2006. Newcastle memiliki jumlah total trofi tertinggi kesembilan di Liga Inggris. Periode tersukses Newcastle adalah antara 1904 sampai 1910. Newcastle memenangkan Piala FA dan tiga gelar Divisi I. Newcastle sangat sukses di Liga Utama pada tahun 1990 dan awal tahun 2000 tanpa memenangkan piala, tetapi telah banyak berjuang di papan bawah sejak tahun 2006 sampai 2007. Newcastle terdegradasi pada tahun 2009 dan 2016.

See also  Mengenal Leah Monroe Istri Dari Tammy Abraham

Newcastle kembali ke Liga Utama pada tahun 2017 sampai 2018 setelah memenangkan gelar Kejuaraan EFL pada tahun 2016. Seragam Newcastle berwarna hitam-putih, celana pendek hitam dan kaus kaki hitam. Newcastle memiliki ciri khas Lambang tradisional, tim ini mengambil lambang dari kota mereka dan memiliki dua kuda laut.

Sejarah Singkat Newcastle United FC

Newcastle dimulai dengan perseturuan dua klub yaitu Newcastle East End dan Newcastle West End. Perseturuan ini diakhiri pada tahun 1892 ketika Newcastle East End yang pada waktu itu adalah klub yang paling dominan dan klub Newcastle West End sebaliknya sedang merasakan krisis finansial. Kemudian kedua tim sepakat untuk menggabungkan dan membentuk satu tim yang semakin solid dengan nama Newcastle United.

See also  Trofi Utama yang Pernah Dimenangkan Leeds United

Kedua tim ini memilih stadion St James Park sebagai kandang baru dan mengganti seragam yang pada awal mulanya berwarna merah dan putih menjadi garis hitam putih. Newcastle terpilih untuk masuk ke dalam Liga Sepak Bola pada tahun 1893, dan pada tahun-tahun selanjutnya Newcastle  menjadi bahan pembicaraan di berbagai media masa di Inggris pada tahun itu.

Dalam sejarah the Magpies, Newcastle seperti raksasa yang sering tertidur pulas. Ada beberapa periode emas dalam sejarah mereka, yang mungkin membuat mereka menjadi salah satu tim terhebat di Liga Inggris.

Zaman keemasan pertama terjadi tak lama setelah kedua klub itu bergabung, mereka langsung berjaya di Divisi I di era 1900 dengan tiga gelar pada 1905, 1907, dan 1909. Dan di Piala FA, Newcastle masuk final lima kali pada tahun 1905 sampai 1911, dan mampu juara pada tahun 1910.

Pada periode kedua Newcastle memperoleh gelar juara Liga Inggris. Dimulai pada tahun 1924 ketika Newcastle meraih Piala FA di stadion Wembley. Kemudian meraih gelar liga pada tahun 1927.

See also  Sejarah Crystal Palace Salah Satu Club Tertua Didunia

Newcastle kembali tertidur selama kurang lebih dua musim, sebelum berjaya pada tahun 1950, saat meraih tiga Piala FA dalam lima tahun.

Puncak prestasi Newcastle terjadi pada saat Joe Harvey menjadi manajer. Joe Harvey berhasil membawa Newcastle lolos ke Eropa pada tahun 1968 untuk membawa Piala Fairs. Piala Fair merupakan Piala UEFA.

Setelah itu, Newcastle jatuh ke dalam jurang. Newcastle tampil di Divisi II pada awal tahun 1980. Kemudian Kevin Keegan muncul sebagai pahlawan, baik itu sebagai pemain atau pelatih, untuk menyelamatkan nama tim Newcastle. Lewat Kevin Keegan mereka hampir menjuarai Liga Primer Inggris, sebelum kalah tipis dari Manchester United.